GOOD HABITS TRACKER

GOOD HABITS TRACKER
Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Positif Pada Siswa #Sekolahdimasjid
Setiap sekolah tentu memiliki cita-cita luhur dalam mencetak output, begitu pula dengan SD Khairunnas #SekolahDiMasjid. Sekolah dengan kurikulum khas yakni adab, sains dan al-qur’an ini, mengutamakan adab (karakter positif) dalam prosesnya.
Membangun karakter positif peserta didik tentu tidak dapat dilakukan secara instan, namun dapat dibangun dengan cara mengajarkan kebiasaan-kebiasaan baik sejak mereka duduk dikelas 1. Stimulasi pembentukan karakter positif dapat dilakukaan secara berulang-ulang sampai menjadi sebuah kebiasaan, sehingga terwujud generasi yang berkarakter mulia.
Dalam rangka mendukung cita-cita luhur tersebut #SekolahDiMasjid, menerapkan kegiatan yang diberi nama Good Habits Tracker, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk membiasakan siswa mengamalkan adab-adab Islami dan budaya sekolah tanpa paksaan, bentakan ataupun ancaman.
Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan motivasi diri peserta didik dalam mengembangkan kebiasaan baik, sehingga mereka merasa nyaman, aman dan senang saat belajar di sekolah.
Good Habits Tracker ini berisi beberapa habits yang sudah ditentukan sebelumnya, seperti : saya datang tepat waktu, saya tenang di majelis ilmu, saya sholih-sholihah saat shalat, saya sabar dan sayang teman, saya menjaga kerapian dan kebersihan diri dan seterusnya.
Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari efektif sekolah, dimana siswa-siswi yang telah melaksanakan habits setiap harinya diakhir kegiatan sekolah akan dilakukan evalusi oleh teman sejawat dan guru, dengan harapan siswa mampu mengembangkan kemampuan berempati, kepedulian terhadap teman, mengembangkan prilaku proporsional serta saling memotivasi untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.
Kegiatan evaluasi ini dilanjutkan dengan pembagian stiker bintang oleh guru, stiker diberikan kepada setiap siswa yang telah melaksanakan habits dalam satu hari, stiker bintang ini kemudian ditempel oleh siswa dipapan good habits tracker sesuai kolom nama masing-masing.
Penempelan stiker oleh siswa bertujuan untuk melatih siswa dalam belajar mengapreasiasi diri sendiri atas prestasi yang telah dicapainya hari itu, selain itu kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan siswa, dimana siswa akan lebih bahagia dan semangat untuk datang dan beraktivitas disekolah esok harinya.