Ajarkan Cara Berdagang ala Rasulullah SAW, PAUD KHAIRUNNAS TUBAN gelar Market Day

Beli…beli…beli…! Begitulah celotehan anak-anak TK  ketika menjajakan barang dagangannya kepada para pengunjung. Anak TK jualan? Ya betul, mereka jualan. Memangnya bisa? Bisa dong !! karena ini adalah salah satu cara bermain sambil belajar anak-anak PAUD KHAIRUNNAS TUBAN dengan metode bermain peran atau role playing.

 

Kegiatan Market Day ini merupakan salah satu program Tahunan yang dirancang untuk mengenalkan anak – anak pada dunia perdagangan dengan cara yang menyenangkan. Dengan mengambil tema berdagang ala Rasullah anak-anak berperan sebagai penjual dan pembeli, di mana mereka menjual berbagai produk sederhana seperti makanan ringan dan minuman. Melalui kegiatan ini anak-anak juga banyak pembelajaran yang di dapat seperti anak belajar mengenal mata uang, menumbuhkan sifat berani, belajar ilmu komunikasi secara sederhana dan juga belajar adab jual beli secara langsung.

Dalam bermain peran ini dilaksanakan selama 2 hari anak-anak secara bergantian menjadi penjual dan pembeli. Untuk waktunya dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi jenjang TK dan Jenjang KB. Teknisnya adalah di awali jenjang TK akan menjadi penjual dan jenjang KB menjadi pembeli, begitu pun sebaliknya. Jadi dalam kegiatan ini, semua anak mempunyai pengalaman menjadi penjual dan pembeli.

 

Ketika menjadi penjual anak-anak diajarkan untuk berinteraksi dengan pembeli, menjelaskan barang jualannya, mengidentifikasi barang jualannya serta belajar berhitung . Ketika menjadi pembeli, anak akan belajar mengidentifikasi barang dagangan yang sudah di display belajar berinteraksi dan berkomunikasi menanyakan barang yang akan dibelinya, juga mengenal nilai mata uang.

 

Melalui Market Day, PAUD KHAIRUNNAS TUBAN berupaya menciptakan sebuah sarana yang menyenangkan dan edukatif bagi anak-anak sesuai dengan kurikulum merdeka yaitu menguatkan kegiatan bermain yang bermakna sebagai proses belajar pada fase Pondasi.

 

Capaian perkembangan dalam kegiatan Market Day ini, merujuk pada elemen dasar-dasar literasi, matematika, sains, teknologi, rekayasa dan seni yaitu capaian perkembangan:

 

  1. Anak mengenal dan memahami berbagai informasi, mengomunikasikan perasaan secara lisan dan tulisan atau menggunakan berbagai media serta membangun percakapan.
  2. Anak menunjukkan minat, kegemaran, dan berpartisipasi dalam kegiatan pra membaca dan pra menulis.
  3. Anak mengenali dan menggunakan konsep pra matematika untuk memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Anak menunjukkan kemampuan dasar berpikir kritis, kreatif dan kolaboratif
  5. Anak menunjukkan rasa ingin tahu melalui observasi, eksplorasi, dan eksperimen dengan menggunakan lingkungan sekitar dan media sebagai sumber belajar, untuk mendapatkan gagasan mengenai fenomena alam dan sosial.
  6. Anak menunjukkan kemampuan awal menggunakan dan merekayasa tekhnologi serta untuk mencari informasi, gagasan,  dan keterampilan secara aman dan bertanggung jawab.

 

Ketika awal kegiatan, ada anak yang terlihat seperti kebingungan, ada juga yang ekspresif kegirangan ketika mendapatkan uang dari hasil jualannya “Horee…uangku banyak!” katanya sambil tersenyum. Ada juga anak yang asyik makan barang jualannya, “Emmh, enak…,”

Alhamdulillah, kegiatan Market Day ini berjalan dengan lancar dan meriah.  Anak-anak terlihat sangat antusias mengikuti dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

 

Scroll to Top